Belajar Bahasa Duri Enrekang (Duri Language)

Duri/enrekang ini kekeluargaan dan gotong royongnya sangat tinggi dan sudah menjadi keseharian sifat orang Duri. Dahulu, mereka mengenal adanya status sosial dari kaum bangsawan, rakyat biasa dan budak. Hari ini, segala bentuk kasta sosial itu sudah mereka hapuskan. Status sosial yang dianut oleh mereka kini berdasarkan pendidikan dan kekayaan yang dimiliki. Kebangsawanan sudah tidak berlaku lagi untuk mereka.

Bahasa Duri mempunyai dua kemiripan bahasa, yaitu bahasa bugis dan bahasa toraja tapi bahasa toraja lah yang paling mendekati. 
Sekarang saya akan membahas tentang kamus bahasa duri yang sering di gunakan dalam bahasa sehari-hari, Semoga bisa membantu anda yang sedang mencari artikel ini :


  1. Inda sangam mu? = Siapa namamu?
  1. Apara pale mu pugauk jontu'? = Apa yang kamu lakukan disitu?
  1. Umboko mane? = Kamu dimana kawan?
  1. Maleki lumingka-mingka = Ayo pergi jalan-jalan
  1. Mukita raka flashdisk ku mane? = Apakah kamu melihat flashdisk saya kawan?
  1. Gaja lo'lok jo pea baine = Cewek itu sangat cantik
  1. La malena jolo kumande = Saya mau pergi makan
  1. Umbo ra lamu olai?/Male umboko = Kamu mau pergi kemana?
  1. Umbo nani bolamu? = Dimana rumahmu?
  1. Bisa raka meta'da nomor HP mu? = Bisa minta nomor HP kamu?
  1. Den moraka mu kitai buntu kabobong (Gunung Nona)? = Apakah kamu pernah melihat buntu kabobong (Gunung Nona)?
  1. Inda mu solan torro? = Kamu tinggal sama siapa?
  1. Umboi doi'ku? = Dimana uangku?
  1. Alanna wai kula' lino = Ambilkan saya air putih
  1. Inda jo'? = Siapa itu?
  1. Inda te'? = Siapa ini?
  1. Inda pelo' te'? = Rokok siapa ini?
  1. Umboi candingmu? = Dimana pacarmu?
  1. Umbo nani to pangbaluk pelo'? = Dimana tempat jual rokok? 
  1. Apara la mu iso'? = Kamu mau minum apa?  



Kata tanya
  • Apa = Apa
  • Kenapa = Capai
  • Kapan = Piran
  • Bagaimana = Matumbai
  • Dimana = Umboni
  • Siapa = Inda

Demikianlah bahasa Kamus Bahasa Duri yang saya bahas saat ini, jika ada kekurangan dalam mengucapkan kata-kata di atas, saya memohon maaf yang sebesar-besarnya. Saya akan kembali dengan artikel Kamus Bahasa Duri lainnya.
Dan untuk teman-teman (solaku) yang berasal dari Tana Duri/Enrekang yang ingin memberikan masukan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar... 

Buat teman-teman yang mau share, jangan lupa di sertakan link aslinya.

Terimakasih
Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatu... :)

Patorroi komenta' jong liu lee mane/bene :)

FACEBOOK : Don Design Art

SALAM BIJA DURI

Comments

  1. Replies
    1. Kata UANG dalam bahasa duri adalah Doi' (koma atas) :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Kata "mahal memang" dalam bahasa duri

      Delete
    4. Kata "mahal memang" dalam bahasa duri

      Delete
    5. Apa artinna tee.lontara'na to duri

      Delete
    6. Kak Mw Nanya Bahasa Enrekang-Durinya kalimat Tersebut Apa yah.
      1.Tolong Tunggu Sebentar
      2.Saya ingin Memesan Tiket
      3.Halo, boleh kah saya berbicara dengan Tuan Sinaga
      4.Siapa Yang Menelpon, Tolong?

      Delete
  2. Kalau "aku cinta padamu" bhs enrekang nya apa. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Madoangna' lako kita' (sopan) :)

      Delete
    2. Taen candingku artinya : Saya tidak punya pacar.

      Delete
    3. Denra naa aja lucu' kan jaokan pasa mng crita sola tallu pp peby naa ambe'!! Tapa nakuara pp peby mtumbari toda tuu apa ilung tapa nakua yake aku eda masalah mtumbari nakadoangngi' tpi metawa" bngna' apa masain tapa nakuamo pp peby umbora toda susi ayu tapa kukua manda naa yake aku eda toda masalah yanna kua aramo aramo'!! Tpa nakuanna pp peby umbora toda wattu mukabudai kuu tapa kua mebali insyaallah masawa k edana uran😂😂😂.........klau ini apaaa

      Delete
  3. Maap tanya lagi "maukah kamu menikah denganku" bhs enrekangnya apa. Makasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Madoangki sibottinganna'.?

      Delete
    2. Terima kasih @Tummink Kakojan, Telah membantu menerjemahkan.

      Delete
    3. artinya Anggimora den Buda kada bang kak

      Delete
  4. Maukah kamu menikah denganku? = madoang riki ka botting sola aku ?

    ReplyDelete
  5. assalamualaikum..nama saya muhammad erwin bin jamal ayah saya berasal dari tapong, maroanging, enrekang. banyak yang cakap saya ni bukan orang bugis, tapi pada pendapat saya saya adalah orang bugis. di enrekang yang saya sedia maklum terbahagi kepada enrekang selatan yang bersempadanan dengan sidrap dan pinrang yang lebih kepada bahasa bugis, manakala enrekang utara yang lebih kepada tator. dan saya adalah keturunan dari enrekang selatan yang lebih kepada bugis. Perkataan bugis memang luas, bagi saya di sulawesi selatan lebih dikenali dengan RUMPUN BUGIS. Di bawah bugis itu terdapat banyak suku antarannya bugis makassar, bugis mandar, bugis duri, bugis tator, bugis luwu. di sebabkan orang tator lebih kepada agama keristian maka suku itu automatik terkeluar dari rumpun bugis kerana pegangan agama yang berbeza. saya sangat kagum dengan kamu duri yang saudara telah hasilkan dan terdapat sedikit persamaan dengan bahasa yang digunakan oleh ayah saya seperti gaja, pelok, piran, pugauk, baine, kande, jolo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang Enrekang terbagi 2,, yaitu Enrekang Bugis dan E.Duri, Enrekang Bugis adl mulai dari enrekang kota ke bawah,, dan Enrekang Duri d mulai dari Luar dri Luar Enrekang kota,, dimnA E.duri mmng menggunakan bhs.duri dan jrng lgi d temukan menggunakan bhs.bugis,, krn Enrekang duri sekarg tdk mau lgi d katakn sbg suku bugis,,,


      sekian

      Delete
    2. stau saya hampr smua suku2 di sulsel mnisbatkan asal usul mreka ke bambapuang yg brada di tana duri. jdi aneh jika to duri hrs balik mngaku brasal dr suku2 lain di sulsel tp jk diluar pulau biasanna kami' manggaku orang bugis krn klau bilang to duri tdk ada yang bakal kenal

      Delete
    3. Wahh anonyAnon bisa hek situs nasa

      Delete
    4. Nak tanya bahasa bugis endrekang .terima kasih apa

      Delete
  6. Kalau bahasa enrekang nya saudara apa bukan randen ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahasa duri nya saudara ada beberapa macam.
      Sile'to bisa juga sangsuran.

      Delete
    2. dlm basa duri u/ kata saudara ada bbrp yg bsa dgunakn :
      #sangsuran = satu saruran(saluran air)/ minum dr 1 sumber yg sma
      # sile'to = both in one piece dlm bahasa ingris
      #rendu/ sirendu = saudara kembar
      #messa'rara/sangrara = satu darah/saudarah;

      Delete
  7. Seringkali saya dapati To Duri juga tidak mau dibilang To Enrekang... Dan sepengamatan saya memang To Enrekang lebih kuat ikatan emosionalnya dengan Bugis. Kalau yang di perantauan (paling tidak yg saya lihat di kita kecil saya), ikatan emosionalnya lebih kuat ke Toraja...

    Ungkapan "Oo...solata' pale'..." mewakilkan hal ini.

    ReplyDelete
  8. Apa omira bahasa durinna "Suka" ? Eddah kungiaran i hahaah

    ReplyDelete
  9. "semoga kamu sukses & tetap semangat dalam belajar" itu dalam bahasa duri apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sopan : Mudah-mudahan ta sukses, semanga' tarru ki melaja.
      Kasar : Mudah-mudahan mu sukses, semanga' tarru ko melaja.

      Delete
    2. Denra naa aja lucu' kan jaokan pasa mng crita sola tallu pp peby naa ambe'!! Tapa nakuara pp peby mtumbari toda tuu apa ilung tapa nakua yake aku eda masalah mtumbari nakadoangngi' tpi metawa" bngna' apa masain tapa nakuamo pp peby umbora toda susi ayu tapa kukua manda naa yake aku eda toda masalah yanna kua aramo aramo'!! Tpa nakuanna pp peby umbora toda wattu mukabudai kuu tapa kua mebali insyaallah masawa k edana uran😂😂😂......klau yng ini kak apaa atrtinya

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Klw bahasa durinya tenang saja, saya cuman anggap adik sendiri, bukan apa-apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Artinya : Tannang bang miki, sang ku angga' susi mira to adingku, tangia apa-apangku.

      Delete
  12. Kalau mangekan apa artinya

    ReplyDelete
  13. Kalau mangekan apa artinya

    ReplyDelete
  14. Kalo ja'sipa apa artinya?? Mohon bantuannya :)

    ReplyDelete
  15. "mamali omi di' ka' na" artinya apa tuh??

    ReplyDelete
  16. Mangkana mancikkuru, mabondi' mora belakku. Madoang ko kitai?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Artinya : Saya sudah potong rambut, sekarang rambutku pendek, kamu mau lihat?

      Delete
  17. Kutippun arakai timunna te tau mareka rendeng, klo ini artinya apa??

    ReplyDelete
  18. Apa bahasa indonesianya karrisan ?

    ReplyDelete
  19. Hihi kalo sola candingku itu artinya sama pacarku / dengan pacarku yah? kebetulan pacar saya enrekang kota jadi kalo temen sekampungnya whatsapp nanya "umbo kamu?/umboko?" pasti dijawab pacar saya "dbola sola candingku" itu artinya dirumah sama pacarku yah? hehe

    ReplyDelete
  20. *Na ratui ommi sakinna* apa artinya😊

    ReplyDelete
  21. *Na ratui ommi sakinna* apa artinya😊

    ReplyDelete
  22. Kata "mahal memang" dalam bahasa duri

    ReplyDelete
  23. Kata "mahal memang" dalam bahasa duri

    ReplyDelete
  24. Apa bahasa enrekangnya siap siap berangkat kerja

    ReplyDelete
  25. Denra naa aja lucu' kan jaokan pasa mng crita sola tallu pp peby naa ambe'!! Tapa nakuara pp peby mtumbari toda tuu apa ilung tapa nakua yake aku eda masalah mtumbari nakadoangngi' tpi metawa" bngna' apa masain tapa nakuamo pp peby umbora toda susi ayu tapa kukua manda naa yake aku eda toda masalah yanna kua aramo aramo'!! Tpa nakuanna pp peby umbora toda wattu mukabudai kuu tapa kua mebali insyaallah masawa k edana uran😂😂😂.....klau ini artinyaa apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Njirr panjangnya malas ketik japri aja di whats app

      https://wa.me/6281356626976

      Delete
  26. apa bahasa durix selamat tidur

    ReplyDelete
  27. apa bahasa durix selamat tidur

    ReplyDelete
  28. Kalau bahasa Enrekang gila ?

    ReplyDelete
  29. Apa bahasa indonesianya "kalamanna "?

    ReplyDelete
  30. Bahasaa enrenkang nya orang gagah nda ada lawan

    ReplyDelete
  31. Tau magarat"ta eda lawan na'=orang gagah nda ada lawan

    Cemen memang tonggan ko"= kamu ini sangat cemen😂🤣

    ReplyDelete
  32. Kalo mauki' bilang: Di sini saja...Apa Bahasa Enrekangnya itu?

    ReplyDelete
  33. Kalo mauki' bilang: Di sini saja...Apa Bahasa Enrekangnya itu?

    ReplyDelete
  34. Aii kuappai Kuna , napai na Buda gaja foto mu aploud😂

    Artinya ap ya

    ReplyDelete
  35. Usulan, buat juga kumpulan kata" bijak bahasa duri, atau istilah tojolo, supaya kita to pea undi eddana di lupakan petua to jolota'.

    Salam sangkampong.

    ReplyDelete
  36. bahasa enrekangnya, "hidup bahagia mati masuk surga"

    ReplyDelete
  37. Setahu saya pugauk itu bukan bahasa duri gan

    Dari contoh"Apara pale mu pugauk jontu'? = Apa yang kamu lakukan disitu?"
    Kalau pemahaman saya pogauk di ganti "jama" sehingga menjadi apara pale mu jama jontu'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya tergantung kepada orang yang di tanya, jika orang yang di tanya sedang megerjakan aktifitas yang produktif maka paling pas adalah "jama" contoh : kita sedang melihat seseorang mengumpulkan pakan kambing maka kalimat tanyanya adalah "apamora di jama tu?" Sedangkan "pugauk" lebih sering di gunakan untuk menanyakan sesuatu yg kontra produktif, contoh : kita sedang melihat seseorang yang kebingungan mencari sesuatu "apa tu mupugauk?"

      Delete
  38. Apa artinya in.lontara 'na to duri

    ReplyDelete
  39. Apa bahasa enrekang panas sekali matahari

    ReplyDelete
  40. Apa bahasa indonesia na anu eda kussenni hahaha😂😂😂😂sola indako🤗🤗🤗

    ReplyDelete
    Replies
    1. eda kussenni : saya tidak tahu.
      indakon: kamu siapa?
      kurang lebih seperti itu

      Delete
  41. Kalo bahasa torajany "cantiknya anak orang ehh"

    ReplyDelete
    Replies
    1. admin kurang tau bahasa toraja 😁

      "cantiknya anak nya orang ee" : malolo omira iya te' anakkana tau hahaa

      Delete
  42. bahasa durinya ganteng apa min

    ReplyDelete
  43. Kalau artinya iko tolle apa min

    ReplyDelete
  44. Bahasa enrekangnya "marah" apa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Marah : Kagalli/Magalli
      Memarahi : Pakagalli
      Saya marah : Magallina'
      Kamu marah : magalliko (kalimat tanya atau kalimat seruan tergantung pada intonasi).

      Delete
  45. "Ja mali na aku.solan ki sayang,male omoroa👉🏻👌🏻"
    Artinya

    ReplyDelete
  46. Bahasa enrekangnya PRIA apa?

    ReplyDelete
  47. Bahasa Enrekangnya.
    Kepada seluruh saudara saudaraku ayo kita bersama mencegah penyebaran covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan dengan membiasakan 4M
    ~Memakai masker
    ~Mencuci tangan
    ~Menjaga jarak
    ~menjauhi kerumunan
    Bersama kita bisa!!!
    🙏🙏



    ReplyDelete
  48. Min...boleh minta tolong bahasa enrekangnya
    " terima kasih banyak sodaraku yg ganteng "

    ReplyDelete
  49. Bahasa indonesia nya mangajan apa ya

    ReplyDelete
  50. saya mau bertanya bahasa indonesia nya madongna ku mande

    ReplyDelete
  51. Keberagaman artinya apa dalam bahasa enrekang

    ReplyDelete
  52. Anna mu Susi lalomo pea pea aja dokok

    ReplyDelete
  53. Selamat Beribadah dalam bahasa Enrekang

    ReplyDelete
  54. Roppu sama karappa itu apa?

    ReplyDelete
  55. Dimana saya bisa bertanya langsung lewat wa?

    ReplyDelete
  56. ya ka eda di kabudai tutau artinya apa?

    ReplyDelete
  57. Kalau bahasa Enrekang nya
    "Apakah kamu sudah punya pacar"

    ReplyDelete
  58. Owh masaimokomu jio tarakan

    ReplyDelete
  59. Ap bahasa indonesianya , tono kenduki nyarang

    ReplyDelete
  60. Sa eda'na bisa?

    ReplyDelete
  61. bahasa indonesianya Anggimora den Buda kada bang

    ReplyDelete
  62. Bahasa Enrekang sehatji mama sama bapak

    ReplyDelete
  63. Sy mau tanya artinya "Yanna eda mati Ron Leko ko jman kuanni ku lplena yg ku ska mg gurengan"

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

SEJARAH GUNUNG NONA ENREKANG (EROTIC MOUNTAIN)

Duri, kerajaan / Prov. Sulawesi Selatan, Kab. Enrekang