Duri, kerajaan / Prov. Sulawesi Selatan, Kab. Enrekang


Duri, kerajaan / Prov. Sulawesi Selatan, Kab. Enrekang
Kerajaan Duri adalah kerajaan di Sulawesi, Kab. Enrekang, prov. Sulawesi Selatan. Kerajaan ini termasuk Konfederasi Massenrempulu.
Raja bergelar Arung.

The Kingdom of Duri was a kingdom in the Enrekang district. South Sulawesi.
The title of the king is Arung.


Klik foto untuk besar !

Wilayah Enrekang

Provinsi Sulawesi Selatan (hijau)

* Foto foto Sulawesi dulu, suku Sulawesi dan situs kuno: link

1) Sejarah kerajaan Duri

Kisah tentang kerajaan Duri diambil dari Transkripsi Lontara Duri (Rampunan Kada) oleh Syukur Abdullah yang diterbitkan pada tahun l986. Untuk mendapatkan keterangan tentang berbagai hal yang bersangkut paut tentang asal usul suatu komunitas atau suatu etnis tertentu, biasanya melalui keterangan berupa ceritera turun temurun atau laporan penelitian para ahli sebelumnya.
Ketika Indonesia masih terdiri dari kerajaan- kerajaan, dalam wilayah yang sekarang disebut Kabupaten Enrekang sudah terdapat beberapa kerajaan yang masing-masing berdiri sendiri, merdeka berdaulat, yaitu:
– Maiwa,
– Enrekang,
– Duri,
– Kassa, dan
– Batulappa.
Kerajaan-kerajaan tersebut terikat dalam satu federasi yakni “Federasi Massenrempulu atau Massere-Bulu”. Wilayah Kerajaan Duri berada pada bagian utara daerah kabupaten Enrekang, berbatasan dengan Tana Toraja (utara), Luwu (timur), Enrekang, Maiwa (selatan) dan Letta (barat). Daerah tersebut merupakan dataran tinggi dengan ketinggian 200 meter di atas permukaan laut.
Walaupun banyak terdapat gunung batu namun tanahnya subur untuk pertanian sayur –mayur. Kisah munculnya istilah Duri dapat ditemukan kisahnya dalam Lontara Duri. Suatu ketika pedagang dari kerajaan Bone dalam perjalannya menuju tanah Luwu. Singgah di kerajaan Duri. Mereka dijamu dengan buah cena’ duri. Karena buah tersebut sangat enak rasanya, mereka meminta untuk dibawakan kepada rajanya di Bone. Ketika raja menyantap buah cena duri tersebut, karena rasanya sangat enak dia bertanya darimana kalian memperolehnya. Para pedagang itu menjawab bahwa buah tersebut diperoleh dari Duri. Mereka lupa menyebut cena’, yang diingat hanya duri. Semestinya mereka menyebut bahwa buah itu namanya buah cena duri dan berasal dari daerah yang sekarang namanya Duri.
Sejak saat itulah istilah Duri mulai dipakai untuk nama sebuah kawasan yang membentang antara Gunung Batu Bolong di timur, salah satu puncak dari pegunungan Latimojong dan gunung Bamba Puang di barat. Berdasarkan catatan buku-buku pelajaran Geografi, Dewasa ini istilah Duribukan hanya nama sebuah wilayah atau kawasan tetapi sudah merupakan nama sebuah sub etnis dalam suku Massenrempulu. Orang-orang yang berasal dari daerah ini lebih mengidentifikasi dirinya sebagai orang Duri, bukan orang Enrekang, seperti yang lazim dikenal oleh penduduk Sulawesi Selatan.


2) Sejarah / History Konfederasi Massenrempulu


Sejak abad XIV, daerah ini disebut Massenrempulu’ yang artinya meminggir gunung atau menyusur gunung, sedangkan sebutan Enrekang dari Endeg yang artinya Naik Dari atau Panjat dan dari sinilah asal mulanya sebutan Endekan.

Menurut sejarah, pada mulanya Kabupaten Enrekang merupakan suatu kerajaan besar yang bernama Malepong Bulan, kemudian kerajaan ini bersifat Manurung dengan sebuah federasi yang menggabungkan 7 kawasan/kerajaan yang lebih dikenal dengan federasi ”Pitue Massenrempulu”, yaitu:
Kerajaan Endekan yang dipimpin oleh Arung/Puang Endekan
Kerajaan Kassa yang dipimpin oleh Arung Kassa’
Kerajaan Batulappa’ yang dipimpin oleh Arung Batulappa’
Kerajaan Tallu Batu Papan (Duri) yang merupakan gabungan dari Buntu Batu, Malua, Alla’. Buntu Batu dipimpin oleh Arung/Puang Buntu Batu, Malua oleh Arung/Puang Malua, Alla’ oleh Arung Alla’
Kerajaan Maiwa yang dipimpin oleh Arung Maiwa
Kerajaan Letta’ yang dipimpin oleh Arung Letta’
Kerajaan Baringin (Baringeng) yang dipimpin oleh Arung Baringin

Pitu (7) Massenrempulu’ ini terjadi kira-kira dalam abad ke XIV M. Tetapi sekitar pada abad ke XVII M, Pitu (7) Massenrempulu’ berubah nama menjadi Lima Massenrempulu’ karena Kerajaan Baringin dan Kerajaan Letta’ tidak bergabung lagi ke dalam federasi Massenrempulu’.

Akibat dari politik Devide et Impera, Pemerintah Belanda lalu memecah daerah ini dengan adanya Surat Keputusan dari Pemerintah Kerajaan Belanda (Korte Verkaling). Beberapa bentuk pemerintahan di wilayah Massenrempulu’ pada masa itu, yakni Kerajaan Endekang. Ini terjadi sekitar 1905.
Beberapa bentuk pemerintahan di wilayah Massenrempulu’ pada masa itu, yakni: kerajaan Enrekang.


Peta lokasi Duri (peta tahun ?)


Historically, Enrekang (14th century) was a great kingdom, called Malepong Bulan, then it became part of the federation of 7 regions / kingdoms, better known as the federation “Pitu Massenrempulu”.
King Kapataha Malindring (Puang Pasalin, 1780-1800) as Arung of Durisplit 3 areas to his children, namely:“Tallu Batu Papan / Duri”, consisting of:
* Malua,
* Alla.
1905: As a result of the political divide et impera, the Dutch government split up this region (Decree of the Government of the Kingdom of the Netherlands (Korte Verkaling). In the region of Massenrempulu was founded the kingdom of Tallu Batu Papan/Duri’.

– Sumber / Source: link

3) Daftar Raja / List of kings kerajaan Duri


1) Puang Salumbun
2) Puang Santun Pulanan
3) Puang Passalin
4) Puang Cilling
5) 1726-1750: Puang Pomba
6) 1750-1780: Puang Kamaniang
7) 1780-1800: Puang Pasalin

Raja Kapataha Malindring (Pake Pasalin) sebagai Arung Duri ke-III, membagi 3 daerah kepada anak-anaknya yaitu:
.
* 1 Duri bagian Tengah: untuk Puang Kamaniang sebagai Arung Maluwa‘ (Raja Kapataha Mataran)
* 2 Duri bagian Utara: untuk Puang Kapataha sebagai Arung Alla‘ (Raja Kapataha Matasak)
* 3 Duri bagian Selatan: untuk Puang Kadere’ sebagai Arung Buntu Batu(Raja Kapataha Mala’bih)
———————–
King Kapataha Malindring (Puang Pasalin) as Arung of Duri split 3 areas to his children, namely:



klik untuk besar




– Sumber / Source: link

4) Peta-peta Sulawesi masa dulu


Untuk peta peta kuno (1606, 1633, 1683, 1700, 1757, 1872, abad ke-19): klik di sini

Peta Sulawesi dan Maluku, tahun 1683


5) Sumber / Source


Kerajaan Duri


– Daftar Raja Duri, Komunitas Buntu Batu:link– Asal usul kerajaan Duri: http://fadimakmur.blogspot.co.id/2013/04/asal-usul-kerajaan-duri-tallu-batu-papan.html


Massenrempulu

– Sejarah Kabupaten Enrekang (Massenrempulu): https://massenrengpulu.wordpress.com/pertama/sejarah-kab-enrekang/
– Sejarah Enrekang di Wiki: Wiki



Kerajaan Duri. Raja raja Duri (Tallu Batu Papan)


Comments

Popular posts from this blog

Belajar Bahasa Duri Enrekang (Duri Language)

SEJARAH GUNUNG NONA ENREKANG (EROTIC MOUNTAIN)